5 Cara Mengambil Foto saat Cuaca Tak Mendukung

Berburu foto bagus ketika momen istimewa memang seru. Namun, sering kali cuaca tak menentu bikin semangat foto-foto jadi buyar. Jangan biarkan mendung yang tiba-tiba datang membuat kamu gagal mengambil gambar. Selain teknik perekaman sinematik, berikut ada 5 trik yang bisa kamu coba termasuk cara mengambil foto saat hujan supaya jepretanmu tetap menawan!

Persiapan Penting: Pastikan Dahulu Kamera Aman dari Air Hujan

Sudah telanjur berada di spot foto, tetapi mendadak mendung dan turun hujan? Jangan buru-buru bubar jalan. Coba tangkap gambar di titik-titik yang masih memungkinkan. Jangan lupa, hal yang wajib kamu lakukan adalah memastikan kamera dan kelengkapannya aman dari air hujan.

Lindungi kamera dengan penutup khusus atau rain cover. Plastik dan payung juga bisa digunakan untuk mencegah kontak dengan air. Untuk perlindungan maksimal, pastikan penutup berbahan waterproof. Siapkan juga kain lembut untuk membersihkan permukaan lensa bila terkena percikan air untuk menghindari kerusakan perangkat.

Baca Juga: Compact Camera VS Action Camera: Kamu Butuh yang Mana?

5 Cara Mengambil Foto saat Cuaca Kurang Mendukung

Setelah memastikan kondisi sekitar masih aman untuk mengambil gambar, sekarang kita ulas beberapa cara mengambil foto untuk hasil jepretan yang tetap tajam di situasi hujan. Trik tersebut adalah:

– Manfaatkan Tripod

Cara Mengambil Foto dengan tripod kamera saat cuaca tak mendukung

Saat cuaca tidak bersahabat, sudah dapat dipastikan pencahayaan akan minim. Kalau tidak disiasati, foto akan tampak suram dan membosankan. Kekurangan cahaya bisa diatasi dengan memilih kecepatan rendah saat memotret.

Nah, agar kamera tidak bergoyang, kamu bisa pakai tripod atau benda apa pun yang bisa membantu menahan guncangan pada kamera.

Jika tidak ada tripod atau benda penahan, kamu bisa aktifkan fitur penstabil gambar atau image stabilizer supaya jepretan kamera tidak buram akibat getaran tangan. Tangkapan gambar pun bisa terbantu tetap tajam walau kurang cahaya.

– Atur Pencahayaan

Selain kecepatan memotret yang rendah, cara lain yang dapat kamu coba untuk mengatur cahaya di kondisi mendung adalah dengan mengatur bukaan diafragma atau aperture. Bukaan yang besar akan membuat cahaya yang masuk lebih banyak.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambar yang terang dan tajam. Kamu juga bisa menyertakan penerangan seperti lampu jalan dalam frame. Selain membantu pencahayaan, fotomu akan tampak lebih unik dan kreatif.

– Mode Manual

Cara Mengambil Foto dengan flash manual saat mendung

Lupakan sejenak mode otomatis. Asah kepekaanmu dengan mode manual dalam pengaturan flash dan penentuan fokus. Sesuaikan intensitas cahaya dari flash kamera supaya bisa berpadu dengan baik dengan kondisi mendung atau hujan.

Hindari pencahayaan berlebihan agar hasil tampak memuaskan. Sementara itu, fokus yang ditentukan secara manual akan membantu menekankan objek mana yang ingin ditampilkan dalam foto. Dengan begitu, tangkapan gambarmu akan terhindar dari objek tidak diinginkan yang dapat mengganggu fokus utama.

– Framing Foto agar Tidak Flat

Warna langit yang flat dan kurangnya cahaya bisa membuat gambar hasil jepretanmu tampak kurang maksimal. Agar foto tetap menarik, manfaatkan keadaan di sekelilingmu sebagai bingkai. Kalau kamu mengambil foto dari sebuah ruangan, gunakan jendela atau dinding sebagai bingkai.

Untuk foto outdoor, dedaunan, dan ranting pohon bisa dijadikan frame untuk mempercantik objek utama dalam foto. Payung pelindung hujan juga bisa menjadi bagian properti foto.

Selain dipakai oleh model, benda ini dapat diposisikan sebagai bingkai. Warna payung yang cerah akan tampak kontras dengan suasana sekitar yang sedang mendung. 

– Manfaatkan Background Hujan untuk Efek Dramatis

Cara Mengambil Foto dengan Background Hujan

Alih-alih tidak jadi mengambil gambar, lebih baik coba tingkatkan skill fotografi dengan menjadikan tetesan air hujan sebagai background alami. Bagaimana cara mengambil foto untuk gambar ini? Sesuaikan kecepatan shutter untuk hasil yang diinginkan. 

Shutter dengan kecepatan tinggi akan menghasilkan gambar tetesan air yang detail. Sementara itu, kalau kamu lebih suka hasil yang dramatis dengan efek air hujan yang samar, shutter speed harus lebih rendah. Hati-hati kalau kamu ingin memakai kecepatan shutter rendah. Bila tidak sesuai dengan objek, fotomu malah akan berakhir tanpa titik fokus. 

Demikian 5 cara mengambil foto saat cuaca sedang tidak bersahabat. Kendala cuaca sebaiknya tidak menjadi penghalang untuk mengabadikan momen istimewa. Dengan pengetahuan dan skill, jepretanmu malah akan makin dramatis. Semoga bermanfaat.

Check Also

hapus background

10 Aplikasi Penghapus Background Foto Online Gratis

Aplikasi penghapus background foto akan kamu butuhkan untuk kebutuhan desain. Dulu orang hanya terbatas menggunakan software Photoshop dan sejenisnya, tetapi …