5 Rekomendasi Kamera DSLR Canon untuk Pemula

Merasa skill fotografi makin meningkat dan mulai butuh kamera DSLR? Sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya kamu mengetahui hal-hal yang dipertimbangkan dalam memilih kamera Canon untuk pemula. Sebagai pemula, ragam kamera dengan fitur-fitur canggih tentu menggoda mata. Makin baik kualitasnya, tentu makin tinggi pula harganya.

Jangan buru-buru merogoh kocek dalam-dalam, pelajari spesifikasi produk incaran dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut tips memilih kamera pertama sekaligus referensi produk pilihan beserta harganya.

Tips Dalam Memilih Kamera

Walaupun masih beginner, sebaiknya jangan sampai salah pilih. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah hal-hal yang dipertimbangkan untuk memilih kamera.

1. Sesuaikan dengan budget

Kamera yang dibanderol dengan harga tinggi pasti memiliki fitur lengkap, canggih, dan menjanjikan hasil berkualitas. Namun, sebaiknya sesuaikan pilihan dengan anggaran yang tersedia. Jangan sampai membeli kamera mahal malah akan menyulitkan nantinya. Selain itu, belum tentu semua fitur-fitur canggih itu kamu butuhkan.

2. Kenali fungsi dan spesifikasi kamera

Beberapa produk dijual dengan spesialisasi tersendiri, misalnya ada kamera yang andal untuk memotret jarak dekat, ada yang cocok untuk petualangan outdoor, dalam hal ini, pilih lensa canon yang sesuai. Pahami kegiatan berfoto yang sering kamu lakukan. Lalu, pilih kamera dengan spesifikasi yang sesuai.

3. Kenali kebutuhan

Kamu harus mengetahui tujuan utama dalam mengambil foto. Apakah berfoto sekadar kegiatan rekreasi sesekali, hobi mengambil gambar, atau serius ingin menekuni fotografi? Sebaiknya jangan membeli kamera mahal dengan spesifikasi tinggi jika kegiatan berfotomu sekadar untuk rekreasi sebulan sekali. Saat kemampuan sudah meningkat dan mulai punya jam terbang, bolehlah kamera lamamu di-upgrade.

Rekomendasi Kamera Canon untuk Pemula

Sebagai salah satu brand besar, Canon punya jajaran pilihan kamera yang bisa kamu pakai di masa awal menekuni fotografi. Berikut rekomendasi kamera Canon untukmu.

1. Canon 550D

Canon 550D, kamera Canon untuk pemula

Kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 3.5 juta rupiah. Sejak pertama rilis, produk ini banyak dicari oleh para fotografer amatir. Kamera ini cocok dijadikan DSLR pertamamu. Dengan berat 530 gram dan penempatan tombol yang pas, Canon 550D nyaman untuk digenggam sehingga memudahkan saat membidik gambar.

Prosesornya adalah Digic 4 yang bisa menghasilkan gambar berwarna jernih dengan cepat. Kecepatan memotretnya adalah 4 gambar per detik dengan resolusi video full HD 1920×1080 piksel.

2. Canon 600D

Canon 600D

Pilihan yang kedua adalah kamera Canon 600D seharga 4.5 jutaan. Beratnya 2 kg dan layarnya berukuran 3 inci. Dengan resolusi 18 MP dan sensor APS C CMOS, kamu dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam. Kamu juga akan terbantu dengan fitur scene intelligent yang dapat menganalisis keadaan di sekitar objek foto.

3. Canon 1300D

Canon 1300D, kamera Canon untuk pemula

Dengan membayar seharga 5 jutaan, kamu bisa membawa pulang salah satu kamera terlaris di kalangan pemula. Semua fitur kamera entry level ada di dalamnya. Resolusinya 18 MP dan dilengkapi dengan WiFi dan NFC agar transfer foto ke ponsel makin mudah.

Baca Juga:

4. Canon 700D

Canon 700D

Pilihan berikutnya adalah kamera dengan resolusi 18 MP dan prosesor Digic 5. Dijual dengan harga 7.6 juta rupiah, kamu akan mendapat spesifikasi yang sepadan. Tingkat ISO 12800 akan membuat fotomu tetap bagus walau membidik dalam cahaya minim.

LCD dapat diputar hingga 360 derajat berkat LCD Vari-Angle. Mengambil foto pun akan makin mudah dan leluasa. Kamu juga bisa berkreasi dalam foto dan rekaman video dengan fitur touchscreen.

5. Canon 800D

Canon 800D, kamera Canon untuk pemula

Terakhir, ada Canon 800D senilai 10 jutaan. Meski terbilang mahal, kamera ini dianggap friendly untuk pemula. Pertama, pengoperasiannya dilengkapi panduan visual. Panduan ini disajikan secara informatif sehingga fotografer entry level akan mudah mengerti.

Selain itu, Canon 800D memiliki kemampuan menangkap ekspresi yang sangat mumpuni. Terakhir, kamu bisa mengambil foto dari berbagai angle dengan leluasa karena LCD vari-angle. Nah, itu tadi panduan bagi pemula dan sederet pilihan kamera Canon bagi pemula.

Jika dirasa hasil fotomu masih kurang memuaskan, gunakan saja jasa edit foto agar tampilan fotomu semakin bagus. Sekarang, tentukan pilihanmu sesuai budget dan kebutuhanmu. Jadi, selamat berburu kamera, ya!