5 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Untuk Pemula Hingga Profesional

Kamera digital dengan segala fitur yang ditawarkan tidak pernah kehilangan peminatnya meskipun peran fotografi sudah marak digantikan oleh kamera smartphone. Namun untuk kegiatan fotografi profesional maupun oleh pecinta fotografi tentunya kamera smartphone saja tidaklah cukup.

Untuk tetap bersaing dengan kemajuan teknologi di masa ini, berbagai fitur mulai ditingkatkan dan dimaksimalkan mulai dari menjaga kualitas, menyederhanakan penggunaan, hingga mengusung desain yang lebih ergonomis untuk kebutuhan fotografi yang lebih mobile.

5 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Untuk Pemula Hingga Profesional

Untuk memilih kamera mana yang cocok digunakan, baik kamera analog atau digital, tentu perlu banyak hal untuk dipertimbangkan mulai dari fitur, kebutuhan fotografi, hingga budget yang dimiliki.

1. Kamera Samsung MV800

Kamera Samsung MV800

Rekomendasi kamera pertama jatuh kepada Samsung MV800 yang menjadi kamera dengan harga murah dan cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Teruntuk pecinta selfie, kamera ini sangatlah direkomendasikan karena fleksibilitas layar dan juga bentuk yang ringkas sehingga mudah dipegang dengan satu tangan.

Layar LCD 3 inchi yang bisa diputar hingga 180 derajat tentunya sangat berguna untuk mengambil foto selfie dengan baik. Sensor 16MP yang dimiliki juga tentu membuat hasil jepretan kamera ini menjadi lebih jelas dan bagus.

Ingin ber-selfie di ruangan atau tempat dengan pencahayaan yang minim? Tidak perlu khawatir karena kamera ini memiliki beragam fitur seperti Red-Eye Fix, Slow Synch, dan lainnya yang mendukung pengambilan foto pada kondisi minim cahaya.

Bukan hanya untuk ber-selfie saja, pengambilan foto jarak jauh juga dipermudah dengan adanya fitur 5x Optical Zoom sehingga menghasilkan foto yang tetap tajam dalam jarak yang jauh. Selain itu untuk fungsi perekaman video sudah disediakan fitur HD dan Zoom Noise Reduction.

Kamera Samsung ini dibanderol dengan harga berkisar Rp1,8 jutaan.

2. Kamera Sony Cybershot DSC W810

Kamera Sony Cybershot DSC W810

Masih dengan kamera yang murah dan cocok untuk pemula, rekomendasi selanjutnya adalah Sony Cybershot DSC W810 yang diperuntukkan kepada vlogger pemula. Dengan resolusi 20.1MP kamera ini sanggup menghasilkan video yang bagus seperti menggunakan kamera DSLR.

Belum lagi fitur image stabilization dan juga face recognition yang ditawarkan membuat kamera ini semakin pas untuk digunakan oleh para pemula yang ingin memulai membuat vlog. Pengambilan gambar malam hari juga terbantu dengan adanya fitur Party Mode.

Fitur berikutnya yang sangat membantu pemula untuk menghasilkan gambar yang apik adalah Panorama dan Beauty Effect. Dengan desain yang ringkas dan ringan membuatnya juga mudah digunakan dan dibawa kemana-mana saat melakukan vlogging.

Cukup dengan merogoh kocek Rp1,2 jutaan saja, aktivitas vlogging ala konten kreator profesional sudah bisa dilakukan dengan mudah.

3. Kamera Olympus Tough TG-6

Kamera Olympus Tough TG-6

Setelah membahas kamera dengan harga di bawah 2 juta yang ramah untuk pemula, berikutnya terdapat rekomendasi kamera digital yang mulai lebih mahal dan tentu dengan fitur yang lebih istimewa. Sesuai namanya, Olympus Tough TG-6 menawarkan kamera dengan daya tahan yang luar biasa.

Kamera ini merupakan kamera yang memiliki daya tahan terhadap air dan juga benturan yang sangat baik. Bahkan kamera ini sanggup bertahan dalam air hingga kendalaman 50 kaki, masih bisa berfungsi di suhu yang rendah, dan juga kuat melalui drop test.

Kamera Olympus satu ini juga memiliki fitur untuk mengukur ketinggian maupun kedalaman, serta mencatat arah dan lokasi. Dari fitur-fitur tangguhnya ini, terlihat bahwa kamera ini sangat cocok untuk aktivitas para petualang di alam dengan medan yang berat.

Untuk para pecinta petualangan di alam liar sambil melakukan dokumentasi, kamera tangguh ini bisa dipinang dengan mahar Rp6,2 – Rp10 juta.

4. Kamera Panasonic Lumix GX9

Kamera Panasonic Lumix GX9

Rekomendasi kamera selanjutnya jatuh ke Panasonic Lumix GX9 yang merupakan kamera mirrorles kelas menengah untuk keperluan semi profesional yang masih cocok untuk pemula. Jika mencari kamera mirrorless mid-range terbaik dengan harga Rp10 jutaan untuk memulai karir, kamera ini bisa dipilih.

Dengan sensor kamera MFT 20MP yang dimiliki, ketajaman hasil foto dengan kamera ini menjadi meningkat. Teknologi shutter elektromagnetik juga membantu untuk menghasilkan gambar yang jelas pada objek bergerak berkat kemampuan memotret hingga 9 frame per detik.

Untuk perekaman video, terdapat fitur Focus Stacking serta stabilizer 5-axis Dual IS yang bisa membuat video yang dihasilkan lebih stabil dan terlihat profesional.

5. Kamera Nikon D780

Kamera Nikon D780

Rekomendasi terakhir jatuh kepada Nikon D780 yang ditujukan untuk kebutuhan profesional karena fitur-fiturnya serta harganya yang di atas Rp25 juta. Tidak perlu dijelaskan lagi kelebihan dari kamera ini secara detail karena Nikon D780 merupakan penerus dari Nikon D750 yang sudah populer pada masanya.

Pengambilan foto, perekaman video, semua dibabat habis dengan kamera ini tanpa perlu meragukan lagi hasilnya apalagi jika sudah memahami ilmu tentang fotografi.

Rekomendasi di atas merupakan pilihan kamera digital yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian budget. Tidak ada yang salah dari memilih kamera manapun dari daftar di atas.

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …