6 Aplikasi Kamera Laptop Terbaik untuk Windows 10

Kamera laptop saat ini memiliki fungsi yang lebih beragam mulai dari melakukan pertemuan online hingga mengabadikan momen bersama teman. Meskipun kualitas kamera bawaan laptop belum sebaik HP, namun dengan bantuan aplikasi kamera laptop terbaik pengalaman berfoto menjadi menyenangkan.

Terdapat berbagai fitur menarik yang ditawarkan dalam aplikasi kamera laptop yang membuat berfoto lewat laptop menjadi alternatif untuk bersenang-senang bersama orang terdekat. Ada banyak aplikasi yang bisa dipilih yang tentunya menawarkan fitur-fitur yang berbeda.

Aplikasi Kamera Laptop Terbaik Untuk Windows 10

Berikut ini merupakan pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk berfoto atau membuat video melalui kamera laptop.

1. Windows Camera

Windows Camera

Pengguna laptop Windows tidak perlu bingung mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk menggunakan kamera laptop. Microsoft memiliki aplikasi resmi bernama Windows Camera yang dapat diunduh secara gratis di laptop Windows 10.

Salah satu kelebihan dari aplikasi kamera ini adalah tampilannya yang simpel dan sangat mudah digunakan. Pilihan pengambilan foto dan video juga terbilang cukup misalnya saja kamu bisa memilih resolusi dari 4:3 sampai 16:9.

Efek-efek dan filter yang lucu dan menarik juga tersedia di aplikasi ini untuk membuat suasana berfoto menjadi lebih seru dan menyenangkan.

2. YouCam

YouCam

Aplikasi ini merupakan aplikasi kamera laptop yang sangat populer. Dengan fitur-fitur menarik seperti fitur HDR untuk mengambil gambar dengan kualitas yang lebih bagus, hingga fitur panorama. Tersedia juga hingga 200 filter dan efek yang bisa digunakan untuk berfoto atau merekam video.

Karena fitur-fitur yang cukup mempuni tersebut, aplikasi YouCam membutuhkan spesifikasi laptop yang cukup untuk menggunakannya. Misalnya saja memori RAM minimal yang direkomendasikan adalah 4GB dengan prosesor Intel Core i5 ke atas.

Dengan menawarkan fitur yang lengkap serta kemudahan dalam penggunaannya, tentu aplikasi ini tidak bisa diakses secara gratis terus-menerus. Setelah masa free trial habis, penggunanya harus membayar atau membeli aplikasi ini dengan harga USD $34.99.

3. ManyCam

ManyCam

Ingin menggunakan aplikasi kamera yang memiliki banyak tools pengeditan gambar? ManyCam bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain tools pengeditan, aplikasi ini juga sangat kaya akan efek serta stiker yang bisa digunakan.

Opsi perekaman video di ManyCam juga lumayan beragam mulai dari 240p, 480p bahkan hingga Full FD. Selain itu juga terdapat fitur virtual background yang dapat digunakan untuk berfoto bahkan juga diterapkan secara realtime saat merekam video.

Namun untuk memanfaatkan fitur tersebut secara optimal, dibutuhkan spesifikasi laptop yang cukup misalnya saja prosesor Intel Core i5 ke atas. Laptop yang menggunakan VGA Card tambahan juga sangat disarankan jika ingin memaksimalkan berbagai fitur canggih di aplikasi ini.

4. Logitech Capture

Logitech Capture

Ingin membuat video tutorial di laptop namun terlalu merepotkan karena harus melakukan dua kali perekaman yaitu merekam tangkapan layar lalu merekam diri sendiri? Logitech Capture bisa menjadi aplikasi kamera laptop terbaik untuk kondisi tersebut.

Pasalnya aplikasi ini menawarkan fitur multi source yang memungkinkan penggunanya merekam menggunakan dua sumber sekaligus. Mulai dari merekam tangkapan layar dan wajah dengan kamera laptop sekaligus, hingga merekam dengan bantuan satu kamera eksternal lagi.

Dengan begitu kamu juga bisa membuat video seperti review barang dan tetap memperlihatkan ekspresi hanya dengan satu kali merekam. Bahkan kamu bisa langsung melakukan penyesuaian pada tampilan video hingga menerapkan filter dan efek background agar video menjadi lebih menarik.

Ingin langsung meng-upload hasil video di Story Instagram atau YouTube Shorts? Tak masalah, karena aplikasi ini juga mendukung perekaman dengan mode portrait (9:16) yang sangat cocok untuk Story Instagram, YouTube Short hingga TikTok.

5. Photo Booth Pro

Photo Booth Pro

Aplikasi kamera kali ini sesuai namanya dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan foto bersama teman di photo booth dari rumah. Dengan berbagai efek tampilan hingga efek layout yang beragam membuat sensasi berfoto menjadi lebih mirip seperti di photo booth.

Aplikasi ini juga bisa dibilang ringan dan cepat sehingga cocok untuk beragam jenis perangkat tanpa perlu khawatir akan lagging dan berat saat digunakan. Pemilihan folder penyimpanan yang fleksibel juga menjadi kelebihan lain dari Photo Booth Pro.

6. Aplikasi WebcamMax

Aplikasi WebcamMax

Rasanya tidak sah menyebutkan berbagai aplikasi kamera laptop terbaik tanpa memasukkan aplikasi legendaris satu ini. Bagi para pengguna aplikasi kamera yang sudah lama melakukannya, pasti tidak asing dengan aplikasi WebcamMax.

Tampilannya yang unik, icon-icon yang menarik, serta berbagai efek, filter serta background yang lucu membuat aplikasi ini menjadi aplikasi kamera yang sangat memorable. Aplikasi ini sangat cocok untuk seru-seruan bersama teman maupun keluarga berkat pilihan efeknya yang mencolok.

Berbagai pilihan aplikasi kamera laptop terbaik yang ada bisa digunakan di laptop Windows 10 secara gratis hingga berbayar. Aplikasi yang membutuhkan spesifikasi lebih kuat tentunya memiliki fitur yang canggih yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan profesional.

Aplikasi Kamera Lainnya yang Bisa Kamu Coba:

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …