Cara Membuat WhatsApp Bisnis yang Menarik

Jika kamu hendak memulai usaha digital, ada banyak sekali layanan yang bisa membantu kamu. Salah satunya adalah WhatsApp Bisnis. Layanan ini bisa kamu gunakan sebagai chatbot, yang akan mendukung layanan kepada pelanggan dan mempromosikan produk bisnis.

Dengan platform ini, kamu bisa menjadi lebih dekat kepada pelanggan sambil sesekali melakukan promosi. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, mulai dari industri kecil hingga besar.

Alhasil, pelaku usaha dapat terhubung dengan pelanggan mereka secara instan untuk mengirimkan pemberitahuan penting atau berinteraksi dengan mereka. Kamu bahkan dapat mengotomatisasi WhatsApp Business dengan bantuan API.

Ini kemudian bisa memungkinkan kamu mengotomatiskan pesan, menanggapi pertanyaan, menampilkan katalog, dan berintegrasi dengan alat otomatisasi lainnya.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis yang Menarik

WhatsApp Bisnis

Pada dasarnya, aplikasi WhatsApp Business ini gratis dan kamu dapat mengunduhnya dari Apple Store atau Google Play. Untuk membuat akunnya, kamu harus mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Unduh Aplikasi WhatsApp Bisnis

Kamu harus segera mengunduhnya di Apple Store atau Google Play. Ada perbedaan visual yang sangat kecil antara logo WhatsApp biasa dan WhatsApp Business. Setelah mengunduh aplikasi ini, kamu akan menunggu beberapa saat agar aplikasi ini siap digunakan.

2. Setujui Persyaratan Layanan dan Tekan Lanjutkan

Dengan pembaruan kebijakan WhatsApp Business yang baru, kamu mungkin perlu membaca Persyaratan Layanan. Kemudian, kamu harus menerimanya dan melanjutkan lebih jauh dengan menekan “Lanjutkan”.

3. Buat Akun WhatsApp Business

Ada dua cara membuat Akun WhatsApp Business, baik dengan menggunakan nomor lama dan mengonversinya untuk tujuan bisnis atau mengambil nomor baru yang dikhususkan guna WhatsApp Business.

Untuk kasus ini, menggunakan nomor baru sebenarnya adalah pilihan paling tepat. Kamu akan diminta memilih nomor telepon yang ingin digunakan untuk membuat akun WhatsApp Business.

Setelah itu akan diberikan pilihan seperti nomor telepon default (saat ini) atau menggunakan nomor yang berbeda. Pilih nomor sesuai pilihan masing-masing. Namun, perhatikan bahwa hanya ada satu nomor yang dapat digunakan untuk setiap Akun WhatsApp Business

4. Verifikasi Nomor Telepon WhatsApp Business

Masukkan nomor telepon yang ingin kamu kaitkan dengan aplikasi WhatsApp Business. Verifikasi nomor telepon dilakukan melalui SMS atau sambungan telepon.

Kamu akan menerima enam digit kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Kode ini biasanya dikirim dan diverifikasi secara otomatis oleh WhatsApp Business.

Namun, jika kamu menggunakan nomor di perangkat lain, kamu harus memasukkannya secara manual. Jika kamu tidak menerima SMS, kamu dapat memverifikasinya melalui panggilan.

5. Convert WhatsApp ke WhatsApp Business

Jika kamu menggunakan nomor WhatsApp pribadi, kamu perlu memindahkan semua data pribadi ke WhatsApp Business. Data seperti gambar, video, pesan chat, dan nomor kontak akan diteruskan ke akun WhatsApp Business.

Selain itu, kamu harus memberikan izin kepada WhatsApp untuk melanjutkan. Jika kamu telah mengaktifkan autentikasi dua faktor, masukkan kodenya. Setelah melakukan ini, semua informasi akan dikirimkan ke profilWhatsApp Business. Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama atau tergantung pada ukuran media.

6. Berikan Izin WhatsApp Business untuk Mengakses File

Supaya memberikan kinerja yang lebih baik, kamu harus mengizinkan WhatsApp Business untuk mengakses kontak dan file media. Izin ini akan memudahkan kamu terhubung dengan pelanggan dalam berbagi file. 

Siapkan Profil Bisnis Jika kamu telah berhasil menyelesaikan semua langkah di atas. Ini akan menjadi langkah terakhir dalam membuat akun WhatsApp Business. Kamu biasanya akan diminta mengisi beberapa atribut pada persyaratan detail usaha, yakni:

  • Nama Usaha: Masukkan nama resmi yang kamu gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.
  • Gambar Profil: Kamu bisa menggunakan logo dari usahamu. 
  • Kategori: Pilih kategori yang relevan dari usaha kamu. 
  • Deskripsi: Jelaskan apa yang dilakukan usaha kamu dalam 256 karakter.
  • Alamat Usaha: Cantumkan alamat resmi yang sesuai dari perusahaan kamu.

Setelah langkah ini selesai, kamu dapat mengisi detail tambahan nantinya. Ikuti saja petunjuk dari WhatsApp Business!

Itulah cara untuk membuat WhatsApp Bisnis. Mudah, bukan? Selamat mencoba ya!

Baca Juga: