10 Peluang Usaha yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Ada banyak peluang usaha yang cocok untuk pelajar dan bisa dimulai sedini mungkin. Kamu yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah juga bisa memulainya sebelum lulus. Hal ini bisa pula menjadi salah satu langkah belajar bisnis.

Siapa tahu bisa menjadi usaha di masa depan? Kamu pun dapat mendulang keuntungan besar dari bisnis tersebut.

1. Streamer

belajar bisnis online

Ada banyak peluang bisnis di zaman serba teknologi seperti ini. Salah satunya menjadi seorang streamer. Streamer merupakan pekerjaan merekam dirinya sendiri ketika bermain game. Konten seperti ini kemudian dibagikan ke publik melalui media sosial.

Tugas content creator menghibur penonton dan bila menggaet banyak penonton bisa meraup keuntungan. Streamer bisa di endorse oleh beberapa brand saat streaming. Pekerjaan ini butuh kemampuan bicara yang jelas, lugas, dan memahami game yang dimainkannya.

2. Reseller

reseller

Reseller adalah usaha yang sudah cukup menjamur di Indonesia. Cara berjualan dengan sistem reseller tidak perlu repot memikirkan proses produksi. Kamu cukup mencari supplier yang memberikan harga miring dengan produk berkualitas tinggi.

Produk yang ditawarkan tidak hanya pakaian, tetapi bisa makanan bahkan skincare. Sistem penjualan dengan cara preorder. Reseller akan mengumpulkan pesanan terlebih dulu baru membeli ke supplier. Tujuannya agar mengirit ongkos kirim dan lebih hemat waktu.

3. Jual Pulsa dan Paket Data

Pengguna internet tanah air makin besar. Bahkan konsumen digital di Indonesia mencapai 137 juta orang. Tentunya ada peluang bisnis pulsa dan paket data melihat fenomena seperti ini.

Jualan pulsa dan paket data bisa mengandalkan platform marketplace.  Modal yang dibutuhkan tidak besar dan bisa diselingi dengan jasa lainnya, misalnya saja jasa bayar listrik, PDAM bahkan internet.

4. MUA

MUA

Bagi yang punya hobi berdandan ada peluang usaha menarik yang bisa kamu coba. Di antaranya adalah sebagai make up artist atau tata rias. Seorang freelancer MUA dapat mengantongi Rp500.000 atau lebih dari sekali jasanya ditawarkan.

Hasil make up bisa dibagikan ke media sosial untuk menjaring konsumen baru. Kemampuan ini tidak hanya bisa dijalani oleh wanita, tetapi juga pria.

5. Jasa Desain

desainer grafis

Bagi yang hobi desain kini banyak tersedia platform yang dapat mendistribusikan karyamu. Kamu bisa menjual desain pamflet, poster, banner, dan lainnya. Tidak hanya itu saja kamu dapat pula menyediakan jasa desain IG feed dan sosial media lainnya.

Jika kamu merasa kurang ahli dalam hal desain, gunakan saja Canva paket pro atau aplikasi desain lainnya. Jika ada pesanan tinggal cari saja template yang cocok dengan pesanan cukup edit font atau element yang ada, praktis sekali. Oh ya, cara ini sudah cukup banyak digunakan oleh kebanyakan orang loh.

6. Guru Les Privat

Peluang bisnis ini memang tak pernah lekang oleh waktu. Kini bahkan kegiatan les bisa dilakukan di mana saja, apalagi selama pandemi berlangsung kursus online mulai jadi solusi meningkatkan pengetahuan.

Kamu dapat menyediakan les privat untuk satu bidang keilmuan atau beberapa jenis mata pelajaran. Kursus online bisa menghemat biaya transportasi dan mengandalkan koneksi internet serta perangkat yang mendukung audio dan visual gambar.

7. Dropshipper

Dropshipper

Jika menjadi reseller terganjal modal, sebaiknya pilih bisnis tanpa modal saja yaitu jadi dropshipper. Seorang dropshipper berfokus pada pemasaran produk dan supplier akan mengurus stock, pengiriman serta pengemasan barang.

Keuntungan dari bisnis ini didapat dari selisih harga yang diberikan supplier dengan yang kamu tawarkan ke konsumen akhir. Poin utama dalam bisnis ini adalah perlunya komunikasi dengan supplier secara intens, khususnya perihal stok produk agar kamu tahu apakah produk masih tersedia atau tidak.

8. Penerjemah

Peluang usaha tak melulu tentang jual beli barang. Kamu bisa menawarkan jasa seperti menerjemahkan dokumen. Pembayaran atas jasa ini biasanya dihitung dari berapa lembar dokumen yang diterjemahkan.

Jasa penerjamah ini juga sangat bagus dipromosikan melalui online. Kamu bisa menggunakan platform sosial media untuk mempromosikan jasamu. Penerjemah ini merupakan salah satu usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

9. SEO Writer

Selain sebagai penerjemah kamu bisa pula mencoba menjadi SEO writer. Kini banyak bisnis mulai beralih ke toko online.Untuk mendongkrak website-nya dibutuhkan kemampuan SEO yang tepat.

Website bisa masuk ke halaman pertama Google dengan konten yang telah dioptimasi. Selain itu menjadi SEO writer bisa dimulai dengan hanya mengandalkan internet dan laptop saja.

10. Jasa Fotografi

Fotografer Pemula

Satu lagi ide bisnis yang bisa dimulai dari hobi, yakni fotografi. Bila dulunya fotografer disewa untuk mengabadikan event tertentu saja kini orang-orang juga membutuhkannya untuk mengisi feed media sosial.

Kamu bisa saja disewa hanya untuk membantu mengambil gambar demi mengisi konten sosial media. Ada pula yang menyewa jasamu untuk mengambil gambar produk untuk website atau marketplace.

Jadi dari daftar peluang saha di atas mana yang paling cocok dengan passion-mu?

Check Also

Cara Download WhatsApp Aero Terbaru 2022

Download WhatsApp Aero, Setting Privasi Satu Arah

WhatsApp sebagai salah satu aplikasi chat paling banyak digunakan memiliki tampilan yang simpel dan sederhana. …