Kemegahan 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022 dan Fakta Uniknya

Ada 8 stadion yang digunakan dalam gelaran piala dunia Qatar 2022 ini. Delapan stadion ini cukup menarik perhatian arena kemegahan dan keunikannya. Salah satu stadion ada yang terbuat dari kontainer pengiriman, sementara yang lain dibangun dengan desain yang menyerupai tutup kepala tradisional khas Timur Tengah.

Meskipun desainnya terlihat mencolok, delapan venue ini memanjakan fasilitas logistik bagi para penggemar karena semuanya berada dalam jarak 21 mil dari pusat kota Doha dan dihubungkan oleh sistem metro dan trem, sehingga pengunjung memungkinkan untuk menonton lebih dari satu pertandingan di hari yang sama.

Beberapa lapangan ditenagai oleh ladang surya dan dilengkapi dengan sistem pendingin untuk meredam panas, sementara yang lain memiliki AC luar ruangan. Dan setelah turnamen selesai dilaksanakan, nantinya hanya satu stadion yang akan dijadikan sebagai tuan rumah tim sepak bola: Stadion Internasional Khalifia.

Sedangkan yang lainnya akan dibongkar seluruhnya (dalam bentuk Stadion 974) atau dikurangi kapasitasnya dan digunakan kembali sebagai hotel, ruang komunitas, atau fasilitas olahraga yang lebih kecil. Ini menjadi salah satu kontroversial piala dunia 2022 Qatar tahun ini.

Lusail Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 80.000 – Kapasitas turnamen: 88.966

Lusail Stadium

Stadion Lusail (secara resmi Lusail Iconic Stadium) ini menjadi pusat dari Piala Dunia Qatar. Ini adalah stadion terbesar yang tersedia dengan kapasitas 80.000 – meskipun angka itu meningkat setelah turnamen berlangsung sekitar 12 persen setelah penyelenggara mengklaim kursi tambahan ditemukan karena lebih sedikit yang dibutuhkan oleh media penyiaran.

Stadion ini memiliki sistem pendingin untuk membantu meredam iklim lokal, menggunakan tenaga dari ladang surya di luar kota dan merupakan tempat final Piala Dunia akan dimainkan, serta sejumlah pertandingan grup, dan satu pertandingan dari setiap babak sistem gugur.

  • Babak 16 Besar: Portugal vs Swiss
  • Perempat final: Belanda vs Argentina
  • Semifinal & Final

Education City Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 45.320 – Kapasitas turnamen: 44.667

Education City Stadium

Dibuka pada 15 Juni 2020, Education City Stadium disebut sebagai salah satu stadion paling ramah lingkungan di dunia. Dikelilingi oleh lembaga pendidikan Qatar, yang akan terus menggunakan stadion setelah turnamen ditutup.

Education City menyelenggarakan tujuh pertandingan Piala Dunia hingga perempat final. Kapasitasnya akan dikurangi menjadi sekitar 25.000 setelah turnamen. Terletak di tepi kota Doha, stadion ini dapat diakses melalui jalur Metro.

  • Babak 16 Besar: Maroko vs Spanyol
6 Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Gratis
Cara Nonton TV Online Gratis

Al Bayt Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 60.000 – Kapasitas turnamen: 68.895

Al Bayt Stadium

Sekitar 30 mil dari pusat Doha, Stadion Al Bayt mewakili ‘pos terdepan’ Piala Dunia sepak bola paling padat yang pernah ada. Itu juga salah satu stadion terbesar dengan kapasitas 68.895 dan akan menjadi tuan rumah sembilan pertandingan selama turnamen, termasuk Inggris vs AS di fase grup, perempat final dan semi final.

Dengan atapnya yang dapat dibuka dan desain tenda tradisional Arab, ini merupakan salah satu desain yang paling menarik. Bus antar-jemput ekspres akan membawa penggemar ke stadion dari pusat Doha dan Stasiun Metro Lusail.

  • Babak 16 besar: Inggris 3 Senegal 0
  • Perempat final: Inggris vs Prancis
  • Semifinal

Al Thumama Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 40.000 – Kapasitas turnamen: 44.400

Al Thumama Stadium.jpeg

Ini adalah arsitektur lainnya yang menarik perhatian, dengan garis melingkar yang dirancang untuk mencerminkan gahfiya (Topi tenun tradisional yang dikenakan oleh pria dan anak laki-laki di seluruh dunia Arab). Ini adalah stadion lain yang dekat dengan Doha dan bandara, dan sebelumnya menggelar pertandingan di Piala Arab 2021. Stadion ini akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan selama Piala Dunia, termasuk perempat final.

  • Babak 16 Besar: Prancis 3 Polandia 1
  • Perempat final
Skema 8 Besar Piala Dunia 2022: Prediksi & Hasil Drawing Lawan di Perempat Final
Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022 Bagan Lengkap

974 Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 40.000 – Kapasitas turnamen: 44.089

974 Stadium

Terletak hanya 5 km dari bandara dan menghadap ke corniche tepi laut, tempat pertandingan yang ideal bagi para penggemar yang mungkin keluar masuk Doha pada hari pertandingan sambil tetap tinggal di tempat lain di wilayah tersebut.

Nama tersebut berasal dari 974 kontainer pengiriman yang digunakan untuk membangun stadion dengan kapasitas 44.089, stadion ini akan menjadi tuan rumah pertandingan hingga babak 16 besar. Setelah turnamen selesai stadion 974 akan dibongkar kembali, hal ini menjadikannya sebagai stadion sementara pertama dalam sejarah Piala Dunia.

  • Babak 16 besar: Brasil vs Korea Selatan

Ahmad Bin Ali Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 44.740 – Kapasitas turnamen: 45.032

Ahmad Bin Ali Stadium

Stadion Ahmed bin Ali di Al-Rayyan desainnya diambil dari lanskap gurun di sekitar Qatar dengan menampilkan beberapa struktur gundukan pasir setelah desain ulang pasca penyelesaian pembangunan pada awal tahun 2003.

Tidak perlu ada kekhawatiran tentang suhu udara di stadion ini saat Inggris menghadapi Wales dalam pertandingan penyisihan grup terakhir mereka karena sistem pendingin udara yang dirancang oleh Dr Saud Abdulaziz Abdul Ghani, lulusan cairan termal mekanis Sudan dari Universitas Nottingham.

  • Babak 16 Besar: Argentina 2 Australia 1
2 Cara Nonton Piala Dunia 2022 Gratis di HP dan Laptop
5 VPN Terbaik untuk Nonton Piala Dunia 2022 Secara Gratis

Al Janoub Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 40.000 – Kapasitas turnamen: 44.325

Al Janoub Stadium

Rancangan stadion oleh arsitek Inggris-Irak Zaha Hadid, terinspirasi oleh lambung perahu penangkap mutiara tradisional, yang selanjutnya direfleksikan dengan penggunaan kayu dan bahan tradisional. Atap simetris, yang dimaksudkan agar terlihat seperti layar, adalah fitur stadion yang menarik perhatian.

Stadion Al Janoub terletak di kota Al-Wakrah tempat tim Inggris bermarkas, sekitar 30 menit dari pusat Doha. Usai turnamen, nantinya akan diperkecil ukurannya dan menjadi kandang tim sepak bola lokal Al Wakrah yang saat ini bermain di Qatar Stars League.

  • Babak 16 besar: Jepang vs Kroasia

International Khalifa Stadium

Kapasitas pra-turnamen: 40.000 – Kapasitas turnamen: 45.857

International Khalifa Stadium

Dilengkapi dengan layanan metro Doha dan hanya tujuh mil di luar pusat kota Doha, Stadion Internasional Khalifa adalah yang tertua dari delapan stadion setelah pertama kali dibangun pada tahun 1976. Stadion ini telah direnovasi untuk Piala Dunia 2022, dan sekarang memiliki kapasitas 45.857.

Stadion ini menggunakan nama mantan Raja Qatar, Khalifa bin Hamad Al Thani, dan telah menjadi stadion kandang tim nasional sejak pertama pembangunannya.

  • Babak 16 Besar: Belanda 3 Amerika Serikat 1
  • Play-off perebutan juara ketiga

Check Also

5 Bisnis Tanpa Modal Menguntungkan untuk Pemula

Memulai sebuah bisnis memang identik dengan mengeluarkan modal. Modal yang dikeluarkan cukup beragam, mulai dari modal minim …