Realme C15: HP Realme Kamera 4 Harga 1 Jutaan dengan Baterai Jumbo

Smartphone dengan 4 buah kamera belakang serta baterai yang sangat besar rasanya akan ditemui di rentang harga menengah atau bahkan flagship. Namun ternyata ada HP Realme kamera 4 dengan baterai yang besar dan harga yang hanya 1 jutaan.

Realme C15 merupakan smartphone mengejutkan tersebut yang menjadi HP Realme di kelas entry level. Apa sajakah kelebihan dan juga kekurangan dari smartphone Realme berbaterai jumbo dan 4 kamera belakang ini?

Beberapa Kelebihan HP Realme C15

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Realme kamera 4 harga 1 jutaan ini.

1. Menggunakan Setup Empat Kamera (Quad Camera)

Menggunakan Setup Empat Kamera (Quad Camera)

Salah satu hal luar biasa yang dilakukan Realme adalah dengan menyematkan 4 kamera belakang pada smartphone entry level mereka. Empat kamera ini tersusun dari 13MP kamera utama, 8MP kamera ultrawide, 2MP kamera black and white, serta 2MP lensa retro.

Fitur-fitur kamera andalan Realme seperti Super NightScape, Chroma Boost, Slo-mo, serta perekaman video 1080p sudah tersedia di smartphone ini. Walaupun tentu saja jangan membayangkan hasil foto yang istimewa karena pada akhirnya Realme C15 tetaplah HP kelas entry level.

Fungsi 4 kamera Realme C15 sebenarnya hanya untuk tambahan fitur, sedangkan yang akan sangat difungsikan paling sering adalah kamera utamanya dan juga kamera ultrawide untuk pengambilan view yang lebih luas.

2. Memiliki Baterai Jumbo 6000mAh

Memiliki Baterai Jumbo 6000mAh

Untuk HP dengan harga terjangkau di 1 jutaan saja, tentunya memiliki baterai 6000mAh sangatlah istimewa. Smartphone kelas entry level umumnya tidak memiliki banyak aplikasi terutama yang berat, sehingga sudah sewajarnya hemat.

Pada Realme C15, hal ini didukung lagi dengan kapasitas baterai yang ekstra mencapai 6000mAh. Untuk pemakaian normal mungkin baterainya bisa tahan hingga 2-3 hari, sedangkan pemakaian sedang hingga berat tetap akan aman untuk seharian penuh.

Baterai yang besar ini didukung dengan charger yang menggunakan fitur quick charging 18W sehingga waktu pengisiannya bisa sedikit dipersingkat. Selain itu karena baterainya yang besar, HP ini juga bisa dijadikan power bank untuk perangkat lain dalam keadaan darurat.

3. Ruang Penyimpanan yang Besar di Kelasnya

Ruang Penyimpanan yang Besar di Kelasnya

Pada umumnya smartphone harga 1 jutaan akan memiliki RAM 2 atau 3 GB dengan memori antara 32GB ataupun 64GB. Namun Realme C15 menawarkan hal yang berbeda dengan memberikan pilihan RAM hingga 4GB dan memori internal mencapai 128 GB.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang untuk file maupun aplikasi di HP ini.

4. Menggunakan Prosesor Gaming Entry Level

Menggunakan Prosesor Gaming Entry Level

Brand Realme memang sudah terkenal dengan smartphone yang terjangkau namun dengan performa yang maksimal. Prinsip ini juga tetap diterapkan pada HP entry level mereka seperti Realme C15 ini dengan menanamkan prosesor MediaTek Helio G35 Gaming Processor.

Prosesor ini memiliki teknologi HyperEngine yang dapat melakukan optimisasi pada kebutuhan penggunaan HP termasuk bermain game. Secara umum, skor benchmark dari chipset ini 10-20% lebih tinggi dari chipset rata-rata smartphone di harga yang sama.

Namun meskipun ada embel-embel gaming pada prosesor tersebut, jangan berekspektasi HP ini bisa menjalankan semua game berat seperti HP 3 jutaan ke atas. Prosesor ini memang tergolong cukup tangguh tapi untuk kelas entry level saja.

5. Fitur Keamanan yang Masih Tersedia Lengkap

Fitur Keamanan yang Masih Tersedia Lengkap

Meski sudah mengerahkan fitur ke performa dan baterai, namun smartphone Realme kamera 4 ini masih memberikan fitur keamanan yang lengkap. Mulai dari sensor fingerprint yang ada di bagian belakang body serta fitur Face Unlock juga tersedia di HP 1 jutaan ini.

Vivo T1 5G: HP Vivo Kamera 3 Terbaru dan Terkencang di Kelasnya
Oppo A74 5G: HP Oppo Kamera 4 dengan Harga Terjangkau
HP Oppo Kamera 3 dengan Harga 1 Jutaan, Oppo A16

Beberapa Kekurangan HP Realme C15

Beberapa Kekurangan HP Realme C15

Meskipun memiliki banyak kelebihan untuk harganya yang murah, namun tentunya ada bagian-bagian lain yang harus menjadi konsekuensinya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Belum Menggunakan Port USB Type C

Port USB yang digunakan oleh Realme C15 adalah micro USB, belum menggunakan port USB type C yang lebih modern. Namun hal ini sebenarnya sudah tidak mengherankan di smartphone kelas entry level pada umumnya.

2. Desain yang Agak Besar serta Bobot Lebih Berat

Jika dibandingkan dengan smartphone pada umumnya, Realme C15 memiliki body yang lebih tebal dan juga bobotnya yang 209 gram terbilang cukup berat. Tapi ini semua adalah konsekuensi dari kapasitas baterainya yang jumbo yaitu 6000 mAh.

3. Layar yang Masih HD+

Realme C15 menggunakan layar dengan resolusi HD+ saja, belum sampai pada Full HD+. Sehingga jika ingin menikmati gambar yang lebih tajam saat menonton video atau bermain game, agak sedikit kurang maksimal di HP ini. Tapi untuk kelas entry level layar HD+ merupakan hal yang normal dan umum.

Sebenarnya beberapa kekurangan yang dimiliki smartphone ini lebih layak disebut pertimbangan saja mengingat harganya yang hanya 1 jutaan. Jadi jika kamu mencari smartphone Realme kamera 4 dengan baterai yang tahan lama serta performa yang cukup, Realme C15 layak untuk dipilih.

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …