4 Perbandingan Investasi, Mana yang Cocok untuk Pemula?

Investasi adalah kegiatan yang saat ini dilakukan oleh banyak orang. Mendapatkan keuntungan dari investasi tentunya menjadi hal yang paling menarik, bukan? Nah, jika kamu ingin terjun dalam dunia investasi kamu perlu tahu dahulu, nih, perbandingan dari masing-masing investasi.

Pada dasarnya, ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Setiap jenis investasi tersebut pastinya memiliki perbedaan. Kamu pun bisa memilih jenis mana yang cocok untuk investasimu.

Nah, jika kamu masih bingung apa saja perbandingan investasi dan mana yang lebih cocok untuk pemula, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Ragam Perbandingan Investasi yang Perlu Diketahui

investasi

Secara umum, investasi terdiri dari reksadanapasar uangdeposito. Agar kamu lebih memahaminya, berikut adalah perbandingan tiap-tiap jenis investasi.

1. Pengertian dari tiap jenis investasi

Menurut Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995, reksa dana memiliki pengertian sebagai jenis investasi yang dihimpun dari dana masyarakat pemodal dan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) dan nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek.

Sementara itu, pasar uang merupakan jenis investasi yang melibatkan investor dengan pihak lain dengan metode uang sebagai objek utama investasi jual beli dalam lokasi yang tidak terbatas dan jangka waktu yang pendek. 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), deposito merupakan salah satu jenis investasi yang ditawarkan oleh bank dan dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu sesuai syarat yang berlaku.

2. Jangka waktu yang berbeda

Perbandingan investasi juga bisa diketahui melalui jangka waktu yang disediakan. Untuk reksa dana, jenis investasi inimemiliki jangka waktu yang berbeda. Jangka waktu tersebut ada yang kurang dari setahun, seperti reksa dana pasar uang

Reksa dana campuran juga menjadi pusat perhatian dan sangat disarankan jika kamu ingin memilih jangka waktu 3-5 tahun. Namun, apabila memilih jangka waktu 5 tahun, kamu bisa menggunakan jenis reksa dana saham. 

Sedangkan, pasar uang memiliki jangka waktu yang cukup singkat. Biasanya jangka waktu tersebut berkisar minimal satu hari dan maksimal satu tahun.

Deposito juga memiliki jangka waktu yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan masing-masing bank. Biasanya, waktu yang ditawarkan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, hingga 2 tahun.

Baca Juga:

3. Perbandingan investasi berdasarkan cara yang perlu dilakukan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat berinvestasi dengan reksa dana yaitu pastikan manajer investasi yang kamu pilih sudah memiliki izin dari OJK. Perhatikan juga langkah-langkah melakukan jenis investasi ini. Adapun langkah-langkah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pilih tempat investasi dana secara online.
  • Pastikan kamu membaca dan memahami setiap informasi yang ada.
  • Pilihlah jangka waktu sesuai keinginan.

Lalu bagaimana cara berinvestasi dengan pasar uang? Nah, kamu dapat membeli berbagai barang yang terdaftar dalam jenis investasi ini, seperti valuta asing, sertifikat utang, dan surat berharga. Kemudian, kamu dapat menjualnya kembali kepada pembeli dengan harga yang lebih tinggi. Mudah bukan?

Di sisi lain, cara berinvestasi menggunakan deposito juga terbilang mudah, lho. Kamu hanya perlu melakukan langkah di bawah ini.

  • Memilih jangka waktu sesuai keinginanmu.
  • Simpan dana deposito yang kamu miliki di beberapa tenor.
  • Kemudian, masukan nominal dana yang akan diinvestasikan dengan syarat minimal 8 juta
  • Patuhi aturan untuk mencairkan deposito.
  • Tentukan jumlah bunga yang diinginkan.

4. Perbandingan investasi berdasarkan keuntungan yang diperoleh

Masing-masing jenis investasi tentunya memiliki keuntungan yang berbeda. Perbandingan keuntungan dari investasi pun tentunya juga perlu kamu perhitungkan. 

Untuk reksa dana, jenis ini memiliki keuntungan yang sangat banyak, di antaranya adalah investasi akan dikelola oleh seorang ahli, yakni manajer investasi, sehingga risiko terbilang kecil.

Tidak hanya itu, sebagian manajer investasi pun menawarkan modal investasi yang kecil, mulai dari Rp10 ribu saja. Kamu juga bisa mendapatkan informasi akurat terkait investasi yang dilakukan dari manajer investasi.

Sedangkan, bagi investasi pasar uang, keuntungan yang bisa kamu peroleh yakni jangka waktu yang cukup singkat, bisa dicairkan kapan saja, risiko yang sangat rendah, dan tidak perlu modal yang besar.

Sementara itu, keuntungan yang bisa kamu peroleh jika berinvestasi menggunakan deposito adalah tingkat hasil balik investasi lebih besar dibandingkan dengan hasil tabungan, sangat aman karena dana tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo yang ditentukan, serta sudah ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LSM).

Nah, itu dia perbandingan investasi yang ada di Indonesia. Dari ketiga jenis investasi tersebut reksa dana dinilai sangat cocok untuk pemula. Alasannya, Selain bebas pajak, jenis investasi ini memiliki jangka waktu yang dapat dipilih sesuai keinginan. Bagaimana, tertarik untuk berinvestasi?


Sumber Referensi:

Kompas.com. Diakses pada tanggal 21. Pengertian Deposito, Tingkat Bunga, Keuntungan, dan Kelemahannya
Xdana.com Diakses pada tanggal 21. Begini Cara Menentukan Jangka Waktu Investasi Reksadana

Cimbniaga.co.id. Diakses pada tanggal 21. Keuntungan Reksa Dana Berapa Persen Per Tahun?

Cimbniaga.co.id. Diakses pada tanggal 21. Pengertian Deposito yang Harus Anda Pahami

Lifepal.co.id. Diakses pada tanggal 21. Cara Kerja Reksadana, Simulasi, dan Kelebihan-Kekurangannya

IDXChannel.com. Diakses pada tanggal 21. Pilih Tujuan Investasimu, Ini Tips Menabung Deposito

Most.co.id. Diakses pada tanggal 21. 4 Alasan Kenapa Investasi Reksadana Pasar Uang Lebih Untung Daripada Deposito