Yuk, Kenali 7 Jenis Investasi Aman untuk Ibu Rumah Tangga

Memiliki banyak pendapatan tentunya menjadi impian semua orang, bukan? Impian tersebut tentu saja juga diinginkan oleh para ibu rumah tangga, termasuk bagi mereka yang tidak bekerja. Untuk mewujudkannya, bisa dilakukan dengan banyak cara.

Salah satunya adalah dengan menjadi investor di berbagai jenis investasi syariah. Caranya? Kamu bisa mulai berinvestasi dengan memanfaatkan sisa uang belanja yang diberikan oleh suami.

Lalu, apa saja jenis investasi yang aman untuk ibu rumah tangga? Simak di sini, yuk!

Jenis Investasi yang Aman untuk IRT

Jenis Investasi yang Aman untuk IRT

Ketika ingin melakukan investasi, hal pertama yang mungkin dipikirkan adalah keamanannya. Tidak perlu khawatir karena investasi di bawah ini sudah diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK) sehingga keamanannya pun terjamin!

1. Fintech lending 

Fintech lending merupakan investasi aman yang mempertemukan dua pihak yang bersangkutan, yaitu pemilik dana dan peminjam melalui daring. Mekanisme cara melakukan investasi fintech lending, yaitu pemilik modal dan peminjam harus memahami dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku.

Setelah itu, pemberi modal akan memberikan modal kepada peminjam. Nah, pemilik modal akan mendapatkan imbalan hasil dari peminjam setiap bulannya. Bagi para peminjam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman.

Hal-hal tersebut dapat berupa proses persetujuan peminjaman, identitas diri, wajib mematuhi ketentuan OJK, dan suku bunga dari pinjaman.

2. Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara adalah investasi yang melibatkan antara perusahaan negara dan masyarakat. Surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahan ini nantinya akan dijual ke masyarakat luas. Terdapat dua jenis Surat Utang Negara, yakni Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan Obligasi Negara. 

Cara melakukan investasi ini terbilang mudah, lho. kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, kamu perlu registrasi terlebih dahulu dengan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan
  • Kedua, kamu bisa langsung melakukan pemesanan dan pembayaran
  • Ketiga, kamu tinggal menunggu konfirmasi pembayaran yang sudah kamu lakukan. 

3. Valuta asing

Investasi Valuta Asing merupakan jenis investasi yang aman untuk IRT dengan menggunakan mata uang asing. Investasi ini mulai banyak digemari oleh semua kalangan karena sangat mudah untuk dicairkan.

Nah, cara melakukan investasi Valuta Asing, yaitu ketika harga mata uang asing rendah kamu dapat membelinya dan saat harga uang asing sedang tinggi kamu dapat menjualnya kembali.

Ada banyak keuntungan jika kamu melakukan investasi ini. Salah satunya mata uang asing terbilang sulit mengalami penurunan nilainya.

Baca Juga:

4. Investasi emas online

Pilihan investasi lain yang aman bagi seorang ibu rumah tangga dan paling banyak digemari adalah investasi emas online. Pasalnya, ibu rumah tangga dapat melakukannya di mana pun dan kapan pun.

Adapun keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi emas online di antaranya adalah memiliki jangka waktu yang panjang, dapat mencetak emas dengan mudah, tempat penyimpanannya sangat terjamin dan aman, serta mudah dan praktis.

Buat kamu yang ingin melakukannya, tetapi terhalang oleh modal, tenang saja, kamu bisa melakukan investasi ini hanya dengan bermodalkan 10 ribu saja, lho! Menarik bukan?

5. Investasi barang bermerek

Investasi barang bermerek memiliki banyak peminat karena sangat mudah dilakukan. Dalam investasi barang bermerek, harga sewaktu-waktu pun dapat mengalami kenaikan. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi. Terlebih lagi jika persediaan barang tersebut sangat terbatas.

Adapun keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi ini adalah dapat menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, kamu juga bisa menghasilkan keuntungan lebih tinggi dari harga aslinya.

6. Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang merupakan pilihan investasi yang aman bagi ibu rumah tangga selanjutnya. Investasi ini dihimpun dari dana masyarakat pemodal dan dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Nantinya, dana akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek.

Reksa dana pasar uang tidak kalah unggul dari investasi lainnya. Sebab, investasi ini memiliki keunggulan, seperti mudah dicairkan kapan saja, risiko yang rendah, jangka waktu yang fleksibel, dan keuntungan yang lebih tinggi.

7. Deposito 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), deposito merupakan salah satu investasi yang ditawarkan oleh bank dan dapat dicairkan dengan jangka waktu tertentu sesuai syarat yang berlaku. Pilihan investasi ini memiliki banyak keunggulan.

Salah satunya adalah tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan tingkat tabungan. Tidak hanya itu, deposito pun sudah dijamin oleh Lembaga Peminjam Simpanan (LPS). Tingkat bunga yang ditawarkan setiap bank pun beragam, tetapi tingkat suku bunga yang ditawarkan masih di bawahtingkat suku bunga Bank Indonesia.

Nah, itulah beberapa jenis investasi aman yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan pendapatan. Tidak perlu khawatir, karena caranya mudah dan pastinya tepercaya!


Sumber referensi:

Novagrid.id. Diakses pada tanggal 21. 7 Produk Investasi untuk Ibu Rumah Tangga, Ada Investasi Emas Online

Kompas.tv. Diakses pada tanggal 21. Tertarik Ajukan Fintech Lending? Pahami Cara Kerja dan Risikonya!

OCBCNISP.com. Diakses pada tanggal 21. Pengertian Investasi Surat Utang Negara dan Cara Membelinya

HSBC.co.id. Diakses pada tanggal 21. Bisa Nggak Ya Investasi Valuta Asing? #YakinBisa, Cek 3 Manfaatnya

Tanamduit.com. Diakses pada tanggal 21. Ketahui Keuntungan dari Investasi Emas Online dan Emas Fisik

Check Also

5 Bisnis Tanpa Modal Menguntungkan untuk Pemula

Memulai sebuah bisnis memang identik dengan mengeluarkan modal. Modal yang dikeluarkan cukup beragam, mulai dari modal minim …