7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing di deretan kamera terbaik sesuai dengan harganya. Namun bagaimana dengan performanya jika sudah lewat beberapa tahun? Misalnya saja dengan kamera iPhone 11 series di 2022 ini.

Saat ini seri iPhone sudah sampai ke iPhone 14 dan smartphone Apple ini dikenal tidak mengabaikan seri-seri sebelumnya dan terus memberikan update. Namun jika dilihat dari kemampuan kameranya, apakah iPhone 11 series masih layak bersaing di 2022?

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Bagus di 2022?

Pada saat dirilis tahun 2020 lalu, iPhone 11 series menawarkan kamera yang tentunya luar biasa dan memang sudah mengalami update dari seri sebelumnya. Beberapa kelebihan dari kamera smartphone besutan Apple seri ke 11 ini adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Warna Foto Senatural Mungkin

Menjaga Warna Foto Senatural Mungkin

Jika banyak kamera smartphone yang melebih-lebihkan warna pada foto agar tampak menarik, iPhone 11 justru berusaha untuk menampilkan foto dengan warna yang natural dan sesuai dengan kondisi aslinya. Dengan begitu foto bisa terlihat lebih natural dan lebih mudah untuk diedit.

Kamera di iPhone 11 series terdiri dari 2 kamera belakang di versi biasa dan 3 kamera belakang pada versi pro dan pro max. Susunannya yaitu 12MP kamera utama, 12MP kamera ultrawide, serta untuk versi pro dan pro max ada tambahan kamera telephoto 12MP.

Semua jenis kamera itu bisa mempertahankan warna yang natural dan tetap menawan di hasil fotonya dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Di kondisi cahaya yang kurang, kamera ultrawide agak tertinggal soal kualitas.

2. Kamera Tele yang Bagus

Kamera Tele yang Bagus

Untuk objek foto manusia, akan lebih disarankan menggunakan kamera tele karena hasilnya sangat bagus dan maksimal. Hasil foto kamera tele di iPhone 11 series sangat memuaskan jika untuk memotret manusia. Efek blur atau bokeh pada background juga terlihat sangat natural dan rapi.

3. Stabilisasi Video yang Luar Biasa

Stabilisasi Video yang Luar Biasa

Selain kualitas gambar yang dihasilkan, salah satu yang menjadi andalan iPhone adalah perekaman video yang sangat stabil di semua kameranya. Bahkan pada kamera iPhone 11 series stabilisasi video yang luar biasa ini juga aktif pada perekaman dengan resolusi 4K 60 fps.

Semua kamera hingga kamera depannya juga bisa merekam dengan resolusi 4K 60 fps dengan sangat stabil. Banyak smartphone lain yang stabilisasinya hanya aktif sampai batas resolusi 4K 30 fps saja atau bahkan terbatas di kamera belakang saja.

4. Ultrawide yang Luas dan Dramatis

Ultrawide yang Luas dan Dramatis

Kamera ultrawide dari iPhone 11 series memiliki vocal length yang pas dangan membuat hasil gambar terkesan dramatis. Namun dengan catatan kondisi pencahayaan saat mengambil gambar harus cukup, karena lensa ultrawide iPhone 11 series lemah pada kondisi low light.

5. Hasil Instastory yang Memuaskan

Hasil Instastory yang Memuaskan

Kamera pada iPhone 11 series masih membawa keunggulan andalan iPhone yaitu hasil Instastory yang memuaskan dengan kamera bawaan aplikasi Instagram. Berbeda dengan pengguna Android yang jika ingin membuat story dengan hasil yang bagus harus menggunakan kamera bawaan HP terlebih dahulu.

Dengan dukungan lensa ultrawide serta kemampuan untuk merekam hingga 60 fps, dijamin foto maupun video yang dijadikan Instastory akan menjadi jauh lebih estetik lagi. Semakin kreatif kamu, maka akan semakin banyak hal yang bisa dieksplor dengan memanfaatkan keunggulan ini.

6. Fitur Deep Fusion untuk Gambar yang Lebih Tajam

Fitur Deep Fusion untuk Gambar yang Lebih Tajam

Salah satu kelebihan lain dari foto hasil dari kamera iPhone 11 series adalah ketajaman dan detail yang bagus sehingga terlihat profesional. Terdapat fitur Deep Fusion yang membantu pemrosesan gambar menjadi lebih fokus dan lebih tajam lagi.

7. Sudah Tersedia Night Mode

Sudah Tersedia Night Mode

Berbeda dengan iPhone generasi sebelumnya, iPhone 11 sudah memiliki fitur night mode untuk mengambil foto di kondisi pencahayaan minim atau malam hari. Namun mode ini hanya bisa diterapkan pada kamera utamanya saja, tidak bisa diterapkan di kamera lainnya.

9 HP Android 13 Terbaik, Rekomended di Akhir 2022!
Daftar HP Kamera 4 dan Harganya, Ada yang di Bawah 2 Juta!
Daftar HP Kamera 3 Murah dengan Harga 1 Jutaan
5 HP Oppo Kamera 4 Terbaik & Harganya di Akhir 2022

Apakah Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di Tahun 2022?

Apakah Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di Tahun 2022

Jika membahas kualitas, tentu saja tidak perlu diragukan lagi bahwa hasil foto dan video dengan kamera pada iPhone 11 series masih sangat bagus di tahun 2022 ini. Tapi jika ingin melihat secara keseluruhan apakah layak membelinya hanya untuk mengincar kamera saja, harus ada pertimbangan lain.

Dari segi harga, iPhone 11 series sudah turun jauh menjadi di bawah Rp10 juta. Oleh karena itu jika memang fitur-fitur yang diinginkan di harga tersebut hanya ada di iPhone 11, tidak ada salahnya untuk membeli smartphone Apple ini.

Pada akhirnya semua kembali lagi kepada kebutuhan penggunanya masing-masing. Kamera iPhone 11 series masih sangat bagus di tahun 2022 apalagi dengan harga yang sudah turun. Apalagi jika yang menjadi target utama adalah untuk Instastory, maka membeli iPhone 11 masih terbilang worth it.

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …