Harga Kamera Mirrorless dari yang Murah sampai Kelas Premium

Salah satu pertimbangan saat akan membeli kamera mirrorless adalah harga dan fitur yang ada di dalamnya. Kalau harga kamera mirrorless murah, biasanya fitur yang dihadirkan terbatas. Sebaliknya, kalau harganya tinggi, fitur yang ditawarkan akan lebih lengkap.

Lantas apakah kamera yang murah selalu lebih murah dari yang mahal? Jawabannya adalah tidak. Sebenarnya semua kamera itu berkualitas karena diciptakan untuk segmen tertentu. Misal diciptakan untuk pemula atau profesional. Jadi, isi atau jeroan kameranya akan berbeda-beda.

Kamera Mirrorless 5 Jutaan Terbaik

Kamera yang murah bukan berarti tidak memiliki spesifikasi yang unggul. Berikut beberapa mereka yang menawarkan low-entry mirrorless dan cocok untuk pemula.

1. Sony A6000

 

Sony a6000
Sony α6000

Begitu mendengar merek Sony, kita langsung terbayang kamera yang mahal. Namun, Sony juga merilis jenis low-entry pada seri mirrorless. Mereka membanderol tidak sampai 6 juta rupiah. Dengan harga ini, kamera ini menjadi salah satu gadget sejuta umatnya fotografer di Indonesia.

Meski harga kamera mirrorless cukup murah, kualitasnya sudah cukup baik. Sony memberikan lensa dengan resolusi 24.3 MP. Selain itu, ada teknologi bernama APS-C Exmor serta APS HD CMOS yang membuat gambar jadi lebih berkualitas dan tampak lebih jelas.

2. Fujifilm X-A3

Fujifilm X-A3
Fujifilm X-A3

Satu lagi kamera yang banyak dimiliki oleh para pemula dan fotografer dalam negeri, Fujifilm XA3. Kamera ini memiliki harga yang relatif murah yakni di bawah 5 juta rupiah. Jadi, peminatnya ada banyak khususnya mereka yang ingin belajar fotografi.

Dengan harga yang tergolong murah, apakah kualitasnya biasa saja? Jawabannya adalah tidak, justru kamera ini memiliki cukup banyak keunggulan khususnya di resolusi yang cukup besar. Layar juga bisa dibalik sehingga bisa dipakai selfie dan melakukan vlogging.

3. Nikon J5

Nikon J5
J5

Nikon juga tidak mau ketinggalan dalam menghadirkan gadget berkualitas dengan harga terjangkau. Pada seri J5 ini, Nikon hanya membanderol kameranya sekitar 4,6 jutaan rupiah. Anda sudah mendapatkan lensa 20.8 MP CX-Format dan BSI CMOS sebagai sensor.

Kamera ini juga cukup ramping sehingga cocok untuk dibawa ke mana saja. Anda bisa memasukkannya ke saku atau tas kecil saat bepergian atau pelesir.

4. Canon EOS M10

Canon EOS M10
Canon EOS M10

Produk Canon juga mau bermain-main di sektor low-entry dengan menghadirkan mirrorless yang harganya terjangkau. Salah satu produk itu adalah EOS M10 yang menggunakan lensa 18 MP dan sensor APS-C CMOS. Dua hal ini memudahkan Anda dalam pengambilan gambar yang tajam.

Kamera ini memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas HD sehingga cocok untuk menjadi teman selama perjalanan. Anda bisa menjadikannya dalam membuat liputan atau sekadar melakukan vlogging.

5. Xiaomi Yi M1

Xiaomi Yi M1
Xiaomi Yi M1

Selama ini Xiaomi memang lebih dikenal sebagai merek dari kamera. Namun, mereka juga membuat banyak ekspansi yang menarik, salah satunya adalah kamera mirrorless Xiaomi Yi M1. Kamera ini memiliki teknologi yang cukup canggih dan cocok sekali dipakai untuk bepergian.

Meski memiliki harga sekitar 5 jutaan rupiah saja, Anda bisa mendapatkan kamera dengan resolusi 20 MP. Selain itu, kamera juga bisa menghasilkan video HD dengan resolusi 4K.

Kamera Mirrorless Profesional

Ada harga, ada rupa, dengan harga yang cukup selangit, fitur yang ditawarkan juga akan premium. Berikut beberapa rekomendasi kamera yang cocok untuk profesional.

1. Sony α7 III

Sony α7 III
Sony α7 III

Sudah bukan rahasia lagi kalau kamera yang dihasilkan oleh Sony memang memiliki harga selangit. Seperti kamera yang dibanderol sekitar 20 jutaan rupiah ini. Anda bisa mendapatkan fitur yang mumpuni, mulai dari lensa yang memiliki resolusi tinggi sampai ke pemberian NFC untuk transfer data.

2. Panasonic LUMIX GH5

LUMIX GH5
LUMIX GH5

Berasal dari negara yang sama yakni Jepang, Panasonic juga menghadirkan kamera kelas atas seperti LUMIX GH5. Dengan harga nyaris 30 juta rupiah, Anda bisa mendapatkan kamera dengan resolusi 20 MP dan DFD Ultra fast motion detection & focus yang membuat gambar lebih tajam.

3. OLYMPUS PEN E-PL9

Olympus PEN E-PL9 Kit
Olympus PEN E-PL9 Kit

Kamera ini memiliki integrasi ke akun media sosial yang Anda miliki sehingga gambar yang dihasilkan bisa langsung diunggah. Selain itu, dengan kemampuan lensa mumpuni, berbagai jenis pengambilan gambar termasuk foto untuk selfie hasilnya bisa sangat maksimal dan berkualitas.

4. Nikon Z50

Nikon Z50
Nikon Z50

Kamera ini memiliki OLED electronic viewfinder dengan 7 tingkat kecerahan. Dengan kemampuan ini, pengambilan gambar di lingkungan yang gelap dan minim cahaya akan tetap berjalan maksimal. Nikon Z50 berbahan magnesium alloy sehingga lebih nyaman saat digenggam.

 

Harga kamera mirrorless bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal karena memiliki fitur yang premium. Kalau Anda ingin membeli kamera tersebut, ada baiknya mempertimbangkan aspek kemampuan yang dimiliki, fungsi, dan kebiasaan.

Misal Anda terbiasa dengan salah satu merek, lebih baik menggunakan itu karena penguasaan pada kamera akan berjalan dengan baik. Terakhir, selalu manfaatkan koneksi atau komunitas untuk bertanya terkait dengan kamera. Jadi, bisa memberikan pertimbangan yang lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *