5 Cara Membuat Google Bisnis Gratis dengan Cepat!

Di era digital seperti sekarang ini, para pelaku bisnis sangat diuntungkan dengan berbagai kemudahan untuk mengembangkan bisnisnya seperti dengan Google My Business (Google Bisnisku). Hal ini membuat para pelaku bisnis harus mengerti cara membuat Google Bisnis.

Dengan menggunakan Google Bisnisku, kamu dapat membuat bisnis atau tokomu bisa muncul di pencarian Google ataupun di dalam Google Maps. Berikut ini adalah penjelasan cara membuatnya untuk membantumu mengembangkan serta bentuk digitalisasi bisnismu.

Cara Membuat Google Bisnis Gratis dan Mudah

Membuat akun Google Bisnis sangat penting bagi pemilik bisnis karena banyak fitur menguntungkan yang bisa membuat toko atau bisnis bisa lebih menjangkau banyak orang. Bisa dibilang fitur buatan Google ini bisa dijadikan bahan marketing online gratis dengan jangkauan luas.

Cara membuatnya juga tidaklah sulit sehingga bisa dilakukan siapa saja selama ada jaringan internet dan gadget. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat Google Bisnis agar toko atau bisnismu lebih berkembang.

1. Membuat Akun Google (Jika Belum Ada)

Membuat Akun Google (Jika Belum Ada)

Syarat pertama untuk membuat akun Google Bisnis adalah dengan memiliki akun Google terlebih dahulu. Meskipun hampir semua pengguna internet pasti memiliki akun Google, namun jika ingin membuat khusus untuk Google Bisnis tidak ada salahnya membuat akun baru.

Dengan memisahkan akun bisnis dengan akun pribadi sehingga agar lebih memudahkan pengelolaan. Cukup buat akun Google dengan mengisi berbagai data seperti biasanya lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Login Menggunakan Akun Google yang Sudah Dibuat

Login Menggunakan Akun Google yang Sudah Dibuat

Setelah akun Google sudah dibuat, langkah berikutnya adalah login ke akun tersebut pada situs Google. Akan lebih direkomendasikan untuk menggunakan laptop atau PC dalam prosesnya karena tampilan yang lebih luas dan jelas sehingga lebih mudah.

3. Mendaftar ke Google My Business atau Google Bisnisku

Mendaftar ke Google My Business atau Google Bisnisku

Langkah berikutnya yaitu mengakses situs Google My Business dengan melakukan pencarian di Google dengan keywordGoogle Bisnisku”. Setelah itu pilih opsi paling atas yang ada di halaman pertama pencarian.

Setelah masuk ke situs tersebut akan terbuka menu baru, lalu klik pada opsi “Kelola sekarang”. Kamu akan dibawa ke menu utama dari halaman pembuatan akun Google Bisnis. Di kolom “Nama bisnis”, isinkan nama toko atau bisnismu lalu klik “Lanjutkan”.

Setelah itu akan banyak form data dan informasi mengenai bisnis yang harus diisi mulai dari lokasi, kontak, dan informasi lainnya. Isi semua data tersebut dengan detail dan jelas sesuai dengan toko ataupun bisnis yang ingin didaftarkan.

4. Lengkapi Halaman Profil Bisnis di Google My Business

Lengkapi Halaman Profil Bisnis di Google My Business

Setelah berhasil membuat akun Google Bisnis, kamu akan dibawa ke halaman profil bisnis yang sudah dibuat. Di halaman ini akan tersedia banyak opsi pengeditan untuk melengkapi profil halaman bisnis agar lebih jelas dan mendetail.

Lengkapi segala informasi pelengkap di halaman profil ini mulai dari memasang foto profil toko/bisnis, menambahkan situs, waktu operasi (jam buka), dan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan foto-foto atau video tentang toko atau bisnismu.

Jika bisnis memiliki toko offline, kamu bisa menambahkan pin lokasi toko di Google Maps sehingga bisa diakses melalui Maps. Selain itu pengunjung juga bisa melakukan review dengan bintang/skor pada toko dan juga memberikan komentar serta testimoni di kolom yang tersedia.

5. Melakukan Verifikasi pada Akun Google Bisnisku

Melakukan Verifikasi pada Akun Google Bisnisku

Langkah terakhir dan paling penting dalam cara membuat Google Bisnis adalah melakukan verifikasi akun yang sudah dibuat tadi. Caranya adalah dengan menekan opsi “Verify Now” di halaman profil Google My Business.

Setelah itu Google akan mengirimkan kode verifikasi berisi 5 angka lewat email, yang kemudian bisa diisikan ke kolom yang dibutuhkan. Setelah itu klik pada menu “Send postcard” untuk mengirimkan bukti verifikasi dari Google melalui pos.

Sekitar 1 x 24 jam setelah terverifikasi, toko atau bisnis yang didaftarkan akan muncul di pencarian Google maupun di Google Maps. Untuk verifikasi resmi dengan surat yang dikirimkan melalui pos biasanya membutuhkan waktu sekitar 7-14 hari kerja terhitung sejak melakukan verifikasi online.

Cara Download Google Meet
Download Google Camera
Download Google Foto

Tips untuk Mengoptimalkan Akun Google Bisnisku

Tips untuk Mengoptimalkan Akun Google Bisnisku

Setelah membuat Google Bisnisku, tentunya perlu dilakukan optimalisasi agar toko atau bisnis bisa dijangkau oleh pengguna internet yang lebih luas sehingga target pasar bertambah yang kemudian bisa menjadi tambahan keuntungan.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan akun Google Bisnisku agar bisnis atau toko semakin berkembang, berikut ini beberapa diantaranya.

  • Membuat deskripsi singkat tentang bisnis dengan singkat namun mencakup banyak informasi penting.
  • Mengisi detail kontak bisnis dengan jelas.
  • Memasang foto-foto mengenai bisnis atau produk.
  • Menautkan link media sosial yang relevan dengan bisnis.
  • Menggunakan 5-10 kata kunci agar bisnis lebih optimal di mesin pencarian.

Cara membuat Google Bisnis tidaklah sulit bahkan dapat dilakukan dengan mudah dan gratis. Dengan memaksimalkan segala fitur yang sudah diberikan Google, bisnis yang dimiliki bisa menjadi lebih berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Check Also

5 Bisnis Tanpa Modal Menguntungkan untuk Pemula

Memulai sebuah bisnis memang identik dengan mengeluarkan modal. Modal yang dikeluarkan cukup beragam, mulai dari modal minim …