5 Keunggulan Kamera VIVO X60 PRO untuk Video dan Foto

Ada beberapa tipe orang dalam penggunaan kamera untuk fotografi. Banyak fotografer memilih kamera high-end untuk hasil terbaik. Namun, tidak sedikit orang yang menggunakan kamera smartphone dan puas dengan hasilnya.

Kali ini, kita akan membahas VIVO X60 Pro yang banyak dibicarakan karena kameranya. Berbeda dengan smartphone lain yang menyematkan kamera ala kadarnya, Anda bisa mendapat kamera super dari VIVO X60 Pro. Simak review kamera di sini!

VIVO X60 Pro Gunakan Kamera ZEISS

Kamera VIVO X60 PRO

Banyak smartphone di pasaran yang menggunakan kamera standar dalam produknya. Perbedaan menonjolnya mungkin di bagian resolusi dan teknologi yang digunakan.

Khusus VIVO X60 Pro ini, Anda akan mendapatkan kamera ZEISS. Jadi, pihak VIVO bekerja sama dengan produsen optik ternama asal Jerman untuk meningkatkan kameranya.

Uniknya, kerja sama VIVO dan ZEISS ini cukup erat hingga membangun pusat riset dan pengembangan bersama. Dari sini bisa kita lihat VIVO benar-benar memiliki tekad untuk menjadi HP kamera terbaik dengan meningkatkan aspek fotografi dari smartphone rilisannya.

Keunggulan Kamera VIVO X60 Pro

Keunggulan Kamera VIVO X60 PRO

Sudah menjadi rahasia umum bahwa smartphone VIVO memiliki daya tarik visual tersendiri. Bahkan, versi X60 Pro ini memiliki julukan “a looker” karena tampilannya.

Tata letak kamera di ponsel pintar ini merupakan modul kamera menonjol sekitar 2 mm. Lalu apa yang menjadi keunggulan kamera smartphone ini sehingga layak untuk Anda miliki?

1. Lapisan Khusus untuk Mengurangi Pantulan

Meski bekerja sama dengan ZEISS, kabarnya tidak ada elemen hardware yang dibuat oleh mereka. Namun, kamera keren ini punya coating khusus yang diperuntukkan mengurangi beberapa efek negatif saat pengambilan gambar, contohnya flareghosting, dan pantulan.

2. Dua Sensor Beda Merek

Uniknya, VIVO menggunakan sensor milik Sony dan Samsung untuk kameranya. Lebih rinci, sensor utama versi X60 Pro ini memiliki resolusi 48MP dan menggunakan Sony IMX 598. Tentunya sensor ini dibuat khusus dan custom untuk VIVO.

Sensor milik Sony ini memiliki stabilisasi gimbal 4-axis. Kemudian, diafragmanya juga terbilang sangat besar. Ukurannya ada di f/1.5.

Bagaimana dengan sensor milik Samsung? Kamera ini menggunakan dua sensor lain, yakni Samsung S5K3L6 yang memiliki resolusi 13MP. Diafragmanya f/2/2 untuk pengambilan gambar ultra-wide. Ada juga autofocus untuk mode makro. 

Diafragma untuk sensor Samsung lainnya ada di f/2.46 yang memiliki fitur 2x optical zoom tanpa OIS. Ukurannya bisa sampai 50mm.

3. Hasil Foto Lebih Oke

Penggunaan 3 sensor pada kamera VIVO ini mampu menghasilkan warna yang setara. Meski sedikit over saturated, hasilnya tidak berlebihan. Intinya, foto menjadi lebih berwarna dari aslinya.

Beberapa dari pengguna VIVO tentu ingat bahwa sensor periskop untuk fungsi zoom jauh tidak ada di versi X60 Pro ini. Namun, hal ini tidak membawa masalah berarti kok, apalagi sudah ada sensor 2x zoom yang memiliki fungsi kurang lebih sama.

Secara umum, hasil foto dari kamera VIVO ini sesuai ekspektasi atau klaim produk. Bahkan, ketika kondisi sekitar mulai menggelap, keberadaan mode auto bisa menurunkan shutter otomatis.

Eksistensi gimbal stabilization juga berhasil meningkatkan foto dengan sangat baik. Mode malam tetap bisa menghasilkan foto yang jelas dan tidak blur meskipun Anda mengambil foto kurang stabil.

4. Mode Kamera

Sejujurnya tidak banyak mode kamera yang tersemat di smartphone VIVO satu ini. Namun, setidaknya ada mode-mode penting seperti profesional untuk mengatur parameter ISO dan kecepatan shutter bagi masing-masing sensor.

Kemudian, ada juga mode khusus untuk mengambil gambar bulan. Mode foto bulan ini tentunya banyak disukai pecinta fotografi yang suka memfoto objek dengan smartphone. Lalu, ada juga mode fotografi astro plus gerakan cepat yang disematkan.

5. Layar AMOLED Menambah Visual Lebih Oke

Smartphone satu ini menggunakan panel layar AMOLED sehingga mendukung visual foto dan video yang diambil. Dimensi layarnya juga cukup luas sehingga layar terlihat lebih lega.

Ketika berada di luar ruangan, layar VIVO satu ini bisa sangat cerah. Bahkan, reproduksi warnanya cukup akurat.

Kekurangan VIVO X60 Pro

Tidak lengkap jika kita tidak membahas kekurangan produk ini. Smartphone ini belum menggunakan sistem android 12, alias masih di seri 11. Selain itu, meski secara umum hasil fotonya tidak mengecewakan, ada beberapa kekurangan dari kamera ini.

  • Tidak cocok untuk Anda yang butuh foto dengan akurasi tinggi.
  • Kamera kurang cocok untuk akurasi skin tone.
  • Sensor telefoto tidak dilengkapi OIS.

Dari review kamera di atas, terbukti bahwa VIVO X60 Pro memang cukup memberikan effort di sektor fotografinya. Meski tanpa kamera profesional, Anda tetap bisa mendapat hasil foto yang berkualitas dan memuaskan.


Source:

https://www.vivo.com/id/products/x60pro

https://carisinyal.com/kelebihan-dan-kekurangan-vivo-x60-pro/

https://gizmologi.id/review/vivo-x60-pro-5g/

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …