Beli Mobil Baru Pakai Reksadana? Perhatikan Hal Ini

Tertarik membeli mobil, tetapi keuangan tidak cukup? Tidak usah khawatir, kamu bisa beli mobil baru pakai reksadana sebagai alternatifnya.


Memiliki kendaraan pribadi, khususnya mobil, tentu menjadi impian bagi setiap orang. Harga mobil yang tinggi, tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk mewujudkan impian tersebut. Buat kamu yang ingin beli mobil baru, tetapi masih ragu karena harganya yang mahal. Tidak usah khawatir, kamu bisa menginvestasikan aset yang dimiliki melalui reksadana.

Mau tahu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika berencana untuk beli mobil baru dengan reksadana ? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membeli Mobil Baru Pakai Reksadana

beli mobil baru pakai reksadana

Membeli mobil tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, melainkan ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu perhatikan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah bertindak. Tentunya kamu tidak mau menyesal belakangan, bukan?

Saat ini, membeli mobil baru bisa dilakukan dengan menggunakan reksadana. Selain dapat mewujudkan impian tersebut, kamu pun bisa memperoleh keuntungan lain jika menggunakan reksadana. Mau mendapatkan hasil yang maksimal? Perhatikan terlebih dahulu hal-hal ini, ya!

1. Gali informasi mobil yang kamu inginkan.

Ketika kamu ingin membeli mobil baru, kumpulkan terlebih dahulu informasi mengenai mobil yang akan kamu beli. Tidak hanya itu, kamu juga harus memperhitungkan biaya perawatan mobil tersebut.

Tentunya, setiap mobil memiliki informasi yang berbeda-beda, baik dari jenis dan tipe, fitur yang terdapat di dalamnya, hingga harga yang ditawarkan.

Nah, kamu harus menyiapkan biaya yang cukup untuk membeli dan melakukan perawatan secara berkala pada mobil impianmu. Jangan lupa juga, pertimbangkanlah mengenai harga jual yang kamu dapatkan jika ingin menjual kembali mobil impianmu, ya.

2. Maksimalkan pendapatan

Pastikan kamu memiliki biaya yang cukup jika ingin membeli mobil baru agar keuangan tetap stabil. Mungkin ada beberapa orang yang berani membeli mobil tanpa memaksimalkan pendapatan. Percaya atau tidak, cara tersebut akan berdampak buruk pada finansialmu.

Alih-alih melakukan hal yang salah, ada beberapa cara untuk memaksimalkan pendapatan yang bisa kamu lakukan yakni:

  • Pertama, kamu bisa membuka usaha sampingan untuk menambah pendapatan.
  • Kedua dengan cara investasi, coba investasikan aset yang kamu miliki.
  • Ketiga bisnis properti, sewakan properti yang kamu miliki untuk mengoptimalkan pendapatan.

3. Analisis finansial dan siapkan uang muka

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, kamu juga perlu melihat terlebih dahulu kesehatan finansialmu. Pastikan juga kamu tidak terlilit utang jika ingin membelinya.

Jika kamu sudah mampu dan ingin mewujudkan keinginanmu, pastikan pendapatanmu lebih besar dibandingkan dengan harga cicilan mobil, setidaknya harga cicilan mobil tidak lebih dari 35 persen penghasilan. Ini dimaksudkan agar finansialmu tetap stabil dan kebutuhan sehari-harimu dapat terpenuhi dengan baik.

Tidak hanya itu, siapkan juga uang muka dari mobil ingin yang kamu beli. Sebagai informasi, besar kecilnya uang muka tergantung kepada tenor cicilan, jenis dan tipe mobil, serta fasilitas yang terdapat di dalam mobil impianmu.

4. Pakai investasi reksa dana yang tepat sesuai keinginanmu

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah berinvestasi. Nah, kamu bisa memilih reksa dana sebagai alternatif untuk memulai investasi.

Ada berbagai kemudahan yang ditawarkan jika kamu ingin membeli mobil baru dengan reksa dana, lho. Misalnya saja, kamu bisa memilih jenis reksa dana yang sesuai kebutuhan dan keinginan dengan memperhatikan jangka waktu yang dipilih.

Rencana beli mobil baru dengan reksa dana juga memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, jenis investasi ini memiliki risiko gagal yang rendah. Alhasil, kamu pun bisa memperoleh hasil yang maksimal!

5. Beli mobil baru dengan mengatur investasi reksa dana 

Ketika kamu berinvestasi, sebaiknya jangan menempatkan seluruh uang untuk diinvestasikan. Akan lebih baik jika kamu menyisihkan sebagian pendapatan yang kamu miliki untuk diinvestasikan. Sementara itu, sisanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kamu juga dapat fokus ke tujuan investasi terlebih dahulu hingga mendapatkan hasil keuntungan yang maksimal. Sehingga, dapat mencukupi uang untuk membeli mobil. Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin beli mobil baru.

Tidak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan impianmu dari jauh-jauh hari dengan mempertimbangkan hal-hal di atas. Beli mobil baru bukan sekadar impian, kamu bisa mewujudkannya dengan menggunakan reksa dana. Dijamin aman, tepercaya, dan bikin untung!


Sumber referensi

Cermati.com. Diakses pada tanggal 24 Mei 2022. 5 Tips Mudah Beli Mobil dari Investasi Reksadana

MOST.co.id. Diakses pada tanggal 24 Mei 2022. Beli Mobil Baru Bukan Impian Lagi dengan 5 Cara Investasi Reksa Dana Ini

Check Also

Scale up Startup

5 Kesalahan Startup yang Harus Dihindari Ketika Scale Up

Alih-alih maju dan berkembang, kesalahan startup ketika melakukan scale up justru bisa membuat perusahaan bankrut …