JPEG Optimizer, Website Kompres Foto Gratis dan Praktis

Sekarang mengkompres foto bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah dengan JPEG Optimizer. Jadi, ini adalah sebuah situs yang bisa kamu manfaatkan untuk mengkompres atau mengecilkan ukuran sebuah foto secara online.

Dengan situs ini, kompres foto bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, kamu pun bisa mengatur sendiri kualitas dan ukuran dari foto tersebut. Nah, di bawah ini bisa kamu simak beberapa hal tentang situs ini dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu JPEG Optimizer?

JPEG Optimizer

Sesuai yang disebutkan di atas, situs ini adalah situs yang berfungsi untuk compress JPG, JPEG dan format foto lain secara online. Kamu bisa mengkompres foto dengan format JPEG atau format foto lainnya. Dengan situs ini, foto yang berukuran besar bisa dikecilkan sesuai dengan kebutuhan.

Berkat situs semacam ini pula, kamu tidak perlu lagi download aplikasi tambahan, jika hanya ingin mengkompres foto. Pastinya sangat membantu untuk pengguna yang tidak memiliki memori internal ekstra untuk download aplikasi kompres foto.

Kenapa Harus Kompres Foto?

Kamu tentu pernah melihat persyaratan lamaran kerja, yang mengharuskanmu mengunggah dokumen (foto) dalam ukuran tertentu. Jika ukurannya sudah sesuai, tentu tidak masalah. Namun, bagaimana jika belum sesuai?

Jika kamu mengalami hal ini, maka bisa menggunakan situs kompres foto. Selain kasus di atas, tentu banyak situasi dan kondisi lain yang mengharuskanmu mengecilkan ukuran foto, seperti ketika ingin mengirimkan foto lewat email, mengunggahnya di forum atau blog dan masih banyak lagi.

Fitur JPEG Optimizer

Fitur JPEG Optimizer

Berikut ini beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan dari situs ini:

1. Pilih Kualitas Foto

Dengan situs ini, kamu bisa mengkompres foto dan menentukan kualitasnya sesuai kebutuhan. Ya, kamu bisa menentukan kualitas foto, mulai dari 1 sampai 100%. Situs ini mengatur agar kualitas default-nya adalah 65%, namun bisa kamu ubah sendiri sesuai selera.

2. Atur Ukuran Foto

Selain bisa mengatur kualitas foto, kamu juga bisa mengatur ukuran dari foto tersebut. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, misalnya saja harus 200 KB, 1 MB, dan lain sebagainya. Ukuran maksimal yang bisa kamu atur adalah 4MB.

3. Ubah Ukuran Foto

Maksudnya, kamu bisa mengatur ulang ukuran dari foto tersebut, yaitu lebar dan tingginya. Ukuran maksimalnya adalah 100 px untuk lebar dan 100 px untuk tinggi. Fitur ini juga bermanfaat karena terkadang dibutuhkan oleh pengguna.

4. Privasi Aman

Tidak perlu khawatir, foto yang kamu unggah di situs tidak disimpan di server, semua diproses di browser yang kamu gunakan. Situs juga tidak akan repot-repot menghapus foto tersebut karena memang tidak pernah menyimpannya.

Cara Menggunakan JPEG Optimizer

  • Buka JPGE Optimizer.
  • Klik Choose File untuk upload foto.
  • Tentukan kualitasnya di Image Quality.
  • Atur ukurannya di Max Output Size.
  • Centang Resize Image jika ingin mengatur panjang dan lebar.
  • Terakhir, klik Compress JPEG.

Mengkompres foto dengan JPEG Optimizer sangat mudah, ukuran foto bisa jadi kecil sesuai kebutuhan. Kamu pun bisa mengatur kualitas foto dan panjang serta lebar dari foto tersebut.

Sumber:

Check Also

hapus background

10 Aplikasi Penghapus Background Foto Online Gratis

Aplikasi penghapus background foto akan kamu butuhkan untuk kebutuhan desain. Dulu orang hanya terbatas menggunakan software Photoshop dan sejenisnya, tetapi …