9 Cara Mudah Cari Uang dari Fotografi

Kebutuhan akan foto di era serba digital seperti sekarang sudah layaknya sebuah kebutuhan primer. Ya, foto menjadi salah satu cara masyarakat modern untuk mengabadikan momen penting. Itulah mengapa fotografi tidak hanya bisa menjadi hobi, tetapi juga sumber penghasilan. Ada 9 cara cari uang dari fotografi. Bisnis di bidang ini bisa dijalankan secara online maupun offline.

Menariknya, usaha ini bisa digeluti oleh berbagai kalangan umur. Ilmunya dapat dipelajari secara otodidak dan bisa bermodalkan smartphone saja.

cara cari uang dari fotografi

1. Fotografer Freelance

Cara cari uang dari fotografi yang pertama adalah dengan menjajakan jasa fotografi. Kamu dapat menjadi fotografer berbagai event, misalnya foto liputan, liburan, wedding / pre wedding, foto keluarga atau foto produk.

Dalam menjajakan jasamu, kamu bisa pergi ke objek wisata tertentu. Tawarkan jasamu secara acak. Biasanya fotografer mematok harga Rp20.000 per foto dan sudah termasuk hasil cetakan fotonya.

Kamu dapat pula bergabung dengan wedding organizer atau penata rias. Umumnya usaha ini memberikan paket dokumentasi untuk layanan pernikahan.

2. Ikut Lomba Fotografi

Kini banyak sekali lomba fotografi skala lokal maupun internasional yang diadakan setiap bulannya. Ada lomba yang dipungut biaya dan tidak sedikit juga yang gratis. Dengan mengikuti ajang lomba fotografi, kamu bisa menambah portofolio.

Bila berhasil menjadi pemenang, kamu tidak hanya mendapatkan hadiah berupa uang, tetapi juga mampu meningkatkan kredibilitas. Kamu dapat menggali potensi diri sekaligus inspirasi dari fotografer lainnya.

Lomba fotografi umumnya memiliki konsep tersendiri. Tidak ada batasan penggunaan peralatan sehingga memakai ponsel pun diizinkan.

3. Gabung Pameran Fotografi

Cari uang dari fotografi dengan mengadakan pameran foto bukanlah hal yang baru. Acara seperti ini juga dijadikan ajang menambah relasi.

Harga setiap foto bisa dijual dengan cara lelang maupun mematok harga sendiri. Foto yang dijual melalui pameran terbilang eksklusif. Foto tidak diperbanyak atau hanya dijual satu gambar saja.

Untuk meningkatkan pengunjung pameran, kamu dapat bergabung dengan komunitas fotografi. Perhatikan pula hak cipta dan plagiarisme.

4. Buka Studio Foto

Buka studio foto merupakan salah satu cara cari uang dari fotografi. Studio foto bisa dibuka dari rumah sendiri. Modal yang dibutuhkan untuk membuka studio memang cukup besar.

Kamu perlu menyediakan perlengkapan dan peralatan foto, contohnya saja lampu, kamera khusus seperti DSLR, kipas angin dan pernak-pernik pendukung seperti background foto. 

Usaha ini umumnya menjual jasanya dengan sistem paket. Ada paket foto wisuda, family gathering, hingga prewedding

5. Mengadakan Kelas Fotografi

Selain menawarkan jasa memotret, kamu dapat menjadi pengajar. Tidak sedikit orang benar-benar mempelajari fotografi hingga mau merekrut fotografer profesional.

Kelas fotografi memberikan pengetahuan bagaimana cara menentukan angle foto yang tepat, teknik foto dan editing. Metode mengajar fotografi ada yang membuka workshop baik online maupun webinar.

Kamu dapat membuka fotografi tour, yakni menggabungkan kegiatan berwisata sambil memotret. Kelas bisa private maupun dalam bentuk kelompok.

6. Jualan Foto

Saat ini, banyak sekali situs jual beli foto untuk kebutuhan editorial. Untuk bergabung dalam situs tersebut, fotografer tidak dipungut biaya. Hanya saja ada potongan yang dikenakan saat foto laku dibeli.

Beberapa situs jual beli foto diantaranya adalah shutterstock, iStockphoto, Freepik bahkan Adobe stoke. Tips agar foto kamu laku di situs tersebut adalah mengikuti trend atau jual foto yang paling banyak dicari.

Gunakan aplikasi untuk edit foto dan optimasi konten. Tetap konsisten untuk mengupload foto setiap bulannya.

7. Membuat Video Slide Show Youtube

Fotografer komersial menjajakan jasanya untuk membuat video slide show. Kini cara berpromosi untuk mengenalkan produk baru sering menggunakan Youtube. 

Pasar bisnis ini cukup kompetitif dengan makin banyaknya Youtuber bermunculan di tanah air. Video slide show membuat konten Youtube makin menarik minat penonton untuk terus menyimak video hingga selesai.

8. Buat Blog

Buat blog untuk mendukung portofolio kamu. Blog bisa dilengkapi dengan Google Adsense sehingga menambah pundi-pundi keuangan. Posting-an blog dapat berupa tips dan trik seputar fotografi.

9. Buka Toko Peralatan Fotografi

Cara cari uang dari fotografi yang terakhir dengan membuka toko peralatan di bidang ini. Kamu bisa menyediakan berbagai tipe kamera, perlengkapan lighting atau wallpaper untuk background.

Kesimpulannya, cari uang dari fotografi bisa melalui situs foto hingga menyediakan peralatan memotret. Kamu juga bisa membuka kelas khusus fotografi maupun pameran foto.


Sumber:

https://www.infofotografi.com/blog/2020/01/bagaimana-cara-cari-uang-dari-fotografi/

https://www.landscapeindonesia.com/menghasilkan-uang-dari-fotografi/

https://bungkul.com/cara-menghasilkan-uang-dari-foto/

https://ischakfotografi.com/situs-jual-foto-yang-menghasilkan-uang/

Check Also

Lensa fleksibel

5 Kelebihan Lensa Kit dan Trik Jitu Memaksimalkannya

Lensa kit adalah paket lensa dengan ukuran zoom 18-55 mm, 16-50 mm, 15-45 mm dan sejenisnya. …